RENUNGAN NASIONAL

ORANG PAPUA MAU APA HARI INI DAN AKAN DATANG?

Membaca media SIMPA,Satu kata, KOMUNITAS PAPUA, PIF, Freewestpapuacampaign, mediaalert dan sebagainya, terlintas dimata saya opini anak-anak negeri Papua ingin berbuat yang terbaik buat rakyat dan Tanah Papua.

Pertanyaan: APA yang rakyat Papua Barat mau hari ini dan akan datang?

Dokumen penelitian kami menyimpulkan bahwa yang diinginkan rakyat Papua hari ini dan akan datang adalah ingin merdeka terlepas dari negara kesatuan Republik Indonesia (sumber: The International Foundation For Election, the Tyler Nelson Survey, July 2003; Papua Second congress 2000; ICJ Australia 2001; Jacob Rumbiak, Solving the Political Impasse Between Indonesia and West Papua July 2010 p. 4, 5).

Lalu SIAPAKAH yang menginginkan OTSUS?

OTSUS adalah kemauan pihak pemerintah Republik Indonesia, yang adalah wing-wing solusi politik pihak NKRI alat rem politik untuk mengerem tuntutan merdeka takyat Papua terlepas dari NKRI (Sumber: LEMHANAS, July 2007; PP 77/2007; UU MRP 14/2009-10)

SYARAT MUTLAK MENDIRIKAN DAN MELAHIRKAN NEGARA BERDASARKAN HUKUM KETATANEGARAAN

Hasil penelitian tersebut diatas tegas menjelaskan kepada kita bahwa mayoritas rakyat Papua inginkan hari ini dan akan datang adalah merdeka terlepas dari NKRI, artinya ingin bernegara dan berpemerintahan sendiri.

Untuk melahirkan dan mendirikan negara Papua Barat, seluruh rakyat Papua individu, kelompok dan organiasai sipil dan politik TIDAK PUNYA PILIHAN LAIN. Hanya ada SATU SAJA PILIHAN yaitu : MEMENUHI LIMA (5) SYARAT MELAHIRKAN DAN MENDIRIKAN NEGARA PAPUA Yakni:

1. Memiliki Wilayah Papua Barat, wilayah sebagai wilayah negara Papua.

2. Memiliki Penduduk Papua yang mendiami wilayah negara Papua.

3. Memiliki sumber kekayaan alam yang menjamin penduduk negara Papua.

4. Memiliki Pemerintahan, selaku penyelenggara negara Papua.

Jika empat syarat mendirikan dan melahirkan negara ini didukung penuh oleh seluruh rakyat Papua yang benar-benar mau merdeka pisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka POINT SYARAT TERAKHIR yakni POINT ke 5 yakni PENGAKUAN KEDAULATAN masyarakt dunia dan masyarakat Indonesia.

Siapa penentu kemauan orang Papua hari ini dan masa akan datang? Bagaimana? prosedur (memulai hingga akhir)?

Bersambung…………..

Anthony Rumbiak Student, Canberra, ACT, Australia