PERJUANGAN POLITIK PERLU LEMBAGA PERLAWANAN

Perjuangan penentuan nasib sendiri yang pernah dilakoni oleh berbagai negara di belahan lain bumi ini memiliki karakter yang sama, semua ingin bebas dari negara penjajah kemudian membentuk sebuah organisasi yang disebut negara, dua hal melekat dan mutlak ada.

SEHARUSNYA HAMPIR 50 TAHUN PERJUANGAN PEMBEBAsAN PAPUA BARAT INI,mengapa kita tidak berpikir SENJATA yang paling ampuh untuk melawan penjajahan adalah paling sedikit ada tercermin sebuah perlawanan dari organisasi yang tertib dan berdisiplin tinggi dalam kerja-kerja terstrutural TRIAS POLITIKA.

ATAU

Mengapa perjuangan politik membutuhkan lembaga perlawanan (Political Institution) sederhana saja jawabanya karena ‘perjuangan politik merupakan usaha bersama untuk mendirikan sebuah negara baru terlepas dari negara yang lama’.

Oleh sebab itu kerangka kenegaraannya (Embryional – state) sudah harus diletakan sehingga perjuangan itu dapat terarah dan terkoordinasikan seperti yang dimaksudkan.
Artinya walaupun masih dalam sicon revolusi tetapi arah perjuangan itu telah sedikit ter-representasi dalam kerja – kerja yang sifatnya koordinatif dan pengambilan keputusan.

Ada pandangan hukum, ketatanegaraan, politik dan humanis yang tercover. Dalam pandangan masyarakat modern maka lembaga perlawanan sebagai embryo negara harus menggambarkan ‘Trias Politica’ yakni lembaga Eksekutif, Legislative dan Yudikatif.

Lembaga Perlawanan sendiri efektifnya harus menghidupkan semua sayap yaitu sayap politik, sayap diplomatic, moral force, klandestein dan militer.

Sayap politik diperankan oleh para tokoh – tokoh yang atau person yang bersedia bertanggung jawab secara hukum dan politik di hadapan pemerintah penjajah.

Ia juga bersedia setiap saat untuk makan tidur di Bui sehingga dapat menjadi symbol perjuangan rakyat serta berperan sebagai ‘Penanggung jawab Politik dalam negeri’.

Sayap diplomatic diperankan oleh tokoh atau person yang ditunjuk oleh rakyat dan penanggung jawab politiknya disebut TRIAS POLITICA yang berkedudukan di dalam negeri.

An. Sekretariat WPNA